Ma’had Al-Husainy

PROFIL PONDOK PESANTREN AL-HUSAINY

Pondok Pesantren Modern Al-Husainy yang terletak di Kp. Perigi Lengkong Wetan Serpong Tangerang Selatan-Banten mulai dibangun pada bulan Oktober 1991 di atas tanah seluas 1 Hektar yang merupakan wakaf dari keluarga besar H. Sano.

Pada awal mulanya pondok pesantren ini diberi nama pondok pesantren Nur As-Sholihat yang notabenenya sebuah yayasan pimpinan Hj. Syarifah Alawiyah yaitu Pendiri Yayasan Tarbiyah Nur As-Sholiyat yang terletak di Jakarta Barat. Akan tetapi selang berapa tahun kemudian pesantren ini berganti nama menjadi Pondok Pesantren Modern Al-Husainy.

Pada tahap Pertama Pondok Pesantren Al-Husainy hanya mengelola bidang pendidikan diniyah. Kemudian karena adanya tuntutan zaman dan adanya keinginan dari masyarakat sekitar pondok pesantren modern Al-Husainy menambah bidang pendidikan, antara lain :

  1. Taman Kanak-kanak Islam (TK)
  2. Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  3. Madrasah Tsanawiyah (MTs)
  4. Madrasah Aliyah (MA)
  5. Madrasah Takhasus
  6. SMA IT Al-Husainy

UNIT PENDIDIKAN

  1. Taman Kanak Kanak Islam

Lembaga pendidikan ini berdiri sejak tahun 2001 hasil swadaya pihak pesantren, ibu zainatun dan masyarakat.

Pada tahun pertama berdiri, lembaga ini mempunyai murid yang minim jumlahnya, hal ini dikarenakan kurangnya minat dari masyarakat. Dengan usaha yang tanpa henti akhirnya pada tahun berikutnya jumlah murid terus bertambah. Lembaga ini sekarang di pimpin oleh Ustz. Faradillah, S.Sos.I

  1. Madrasah Ibridaiyah (MI)

Lembaga ini berdiri sejak tahun 1994. Perkembangan lembaga ini pasang surut, hal ini dikarenakan kepala sekolah yang sering mengalami pergantian. Terhitung pada lembaga ini sudah ada lima kali pergantian dengan mempunyai program masing-masing.

Perubahan pada system pendidikan pada lembaga ini dimulai sejak dipimpin oleh Ibu Rustiti, S.Pd. pada tahun 2000 samppai dengan tahun 2005, kemudian di lanjutkan oleh Ust. Suryadi, S.Pd.I sampai dengan sekarang.

  1. Madrasah Tsanawiyah (MTs)

Lembaga ini berdiri sejak tahun 1993 terhitung lembaga ini baru mengalami pergantian kepala sekolah 3 kali pergantian. Saat ini yang menjabat sebagai kepala sekolah Madrasah Tsanawiyah adalah Bpk. Wahidin S.Pd, M,Si beliau menjabat sejak tahun 1998 samapi dengan sekarang.

Lembaga ini mengalami perkembangan setiap tahunnya dalam jumlah muridnya. Diawali dengan tahun pertamanya hanya 15 siswa/I, pada tahun-tahun berikutnya lembaga ini terus bertambah jumlah muridnya berkisar 10-20 siswa/I. dan sekarang mencapai jumlah 350 siswa/i

  1. Madrasah Aliyah (MA)

Lembaga ini berdiri sejak tahun 1994 terhitung lembaga ini baru mengalami pergantian kepala sekolah 2 kali pergantian. Saat ini yang menjabat sebagai kepala sekolah Madrasah Aliyah adalah Ust. Rohim, S.Sos.I, beliau menjabat sejak tahun 2010 samapi dengan sekarang.

Sama halnya dengan Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah pun mengalami perkembangan dalam jumlah murid setiap tahunnya.

  1. Madrasah Takhasus (MT)

Sejak awal berdirinya pondok pesantren Al-Husainy, lembaga ini sudah berdiri. Hal ini dikarenakan nilai-nilai kepondokan harus juga menjadi Prioritas yang di kedepankan.

Pada lembaga ini, walau bersifat kepondokan, namun Santrinya tidak keharusan yang mukim, lembaga ini terbuka untuk warga sekitar yang berkeinginan untuk belajar, pada saat ini lebaga ini di pimpin oleh Ust. KH. Achmad Faisal, Lc.

  1. SMA IT Al-Husainy

Lembaga ini berdiri sejak tahun 2005, sejak berdiri sampai sekarang telah mengalami pergantian kepala sekolah yaitu Bpk. Sanusi, Bpk Sumardi, Ummi ella, Ibu Dian, Ibu Dina, dan sekarang putra dari pimpinan pondok pesantren Al-Husainy, Sayyid Muhamad Husein. walaupun lembaga ini terhitung berumur dini, namun sarana prasana dan hal-hal yang menunjang kegiatan belajar dan mengajar sudah sangat cukup memadai.

 

Kembali ke Atas